Kerajinan Batok Kelapa

Batok Kelapa telah banyak dimanfaatkan diantaranya sebagai arang dari batok kelapa, bahan baku pembuatan obat nyamuk, kerajinan sampai penemuan terbaru yaitu untuk asap cair tempurung kelapa sebagai pengganti formalin. Namun, jumlah sampah batok kelapa tetap meningkat seiring kegiatan dan kebutuhan manusia yang terus meningkat.
Banyak kerajinan yang dikembangkan dari batok kelapa dengan berbagai metode pembuatan yang menghasilkan aneka jenis produk. Salah satu yang dikembangkan adalah metode penempelan (laminating), dimana batok kelapa ditempelkan pada media yang sudah disiapkan.

Metode penempelan (laminating) batok kelapa telah menghasilkan produk yang sangat menarik dan unik. Tidak perlu pewarnaan karena telah memiliki warna natural yang bagus. Misalnya untuk tempat lilin, table lamp, stand lamp, tempat tissue dan lain-lain. Juga bisa dipakai untuk accessories yang ditempelkan pada furniture, sehingga mempercantik dan memperindah tampilan furniture

Produk kerajinan batok kelapa ini telah banyak diminati baik untuk pasar dalam negeri maupun pasar ekspor.

Proses pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan teknologi tinggi. Hanya perlu kerajinan tangan dan ketekunan agar produknya semakin bagus dan desainnya berkembang, dan dibutuhkan orang-orang yang memiliki mental pengusaha agar bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan dan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Banyak tenaga kerja yang bisa diserap karena produksinya atau pembuatannya mengandalkan tangan manusia bukan mesin.

Contoh foto produk kerajinan batok kelapa :




Apabila anda tertarik untuk menjadi pengusaha kerajinan. Anda bisa mengikuti program training kerajinan dari kami. Silahkan buka dihalaman TRAINING

Comments

  1. Maktal Pamilih says

    Informasi yang Anda tampilkan SANGAT bagus dan saya tertarik dengan upaya memanfaatkan bahan-bahan limbah jadi sesuatu yang punya nilai jual. Kebetulan saya mengelola majalah berbahasa Inggris berjudul: INDONESIA newsletter. Majalah ini TIDAK dijual dan diedarkan di umum tetapi untuk konsumsi luar negeri termasuk KBRI, ex -ats dll. Lain waktu saya akan minta reporter atau saya sendiri untuk meliput usaha-usaha Anda ini. Semoga kontak awal ini akan dapat memberikan jalan yang lebih solid terutama bagi produk Anda dan sekaligus memberikan pelatihan bagi masyarakat di daerah lain, semoga kami dapat menjadi penghubungnya kepada daerah-daerah. Sekali lagi saluut atas keberhasilan Anda.
    Salam hangat,
    Maktal Pamilih
    HP: (021) 92246071 dan 087838295090

  2. says

    Terimakasih banyak atas komentarnya yang bagus sekali.
    Minta maaf karena blog saya ini masih baru, dan saya belum mampu meberikan perhatian secara penuh.
    Dengan senang hati saya akan selalu terbuka untuk bekerjasama dengan anda.

    Salam sukses.

  3. devy tjahjono says

    salam, nama saya devy tjahjono (laki2), saya kebetulan sedang mencari informasi mengenai berbagai hal mengenai usaha kemasyarakatan kerajinan batok kelapa, bagaimana memulai, apa yang dibutuhkan, dimana dan kememana kami harus study banding, bagaimana mengembangkannya, bagaimana memasarkannya. Harap di bantu. kebetulan saya terbeban melihat potensi hasil kelapa yang besar tapi kerajinan batok kelapa tidak ada, oh ya saya dari ende flores NTT, saya tertarik karena saya merasa sangat di sayang penggunaan batok kelapa ini hanya sebatas sebagai pengganti kayu api, padahal kolega saya memiliki lahan yang sangat luas semuanya terisi pohon kelapa tapi suadaya masyarakat sekitar hanya sebagai buruh akut barang atau ojek, kaum wanita hanya berjualan dipasar padahal potensi kelapa yang da cukup besar, harap dibantu juga bagaimana saya bisa memiliki informasi yang cukup detail mengenai usaha ini agar saya bisa membantu menimbulkan minat masayarakat setempat. terima kasih. maaf jadi curhat.

  4. Ardhy says

    Selamat yeah atas usahanya. Bisa ga saya ngikutin sukses bpk,kasih tau dong kiat2nya? Kbetulan saya lgi bkin tas dr batok juga tp ga tau cara masarinnya. Gbr produk di FS: terryza.craft@yahoo.Com. CP: 085222152042. Thx

  5. says

    Untuk devy,

    Minta maaf karena liburan panjang lebaran membuat saya terlambat menanggapi tulisan saudara.
    Kerisauan anda terhadap lingkungan sosial anda sungguh merupakan perbuatan mulia. Semakin banyak orang Indonesia yang seperti anda, maka akan menjadikan bangsa Indonesia akan menjadi bangsa besar dalam jangka waktu yang tidak lama.
    Memang masih banyak potensi disekitar kita yang belum mampu termanfaatkan secara baik, bahkan terbuang secara percuma dan sia-sia. Dan Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam, yang limbahnya saja masih memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.
    Lewat blog ini, memang sangat terbatas bagi saya untuk berbagi mengenai detail proses pembuatan kerajinan batok kelapa, dan bagaimana menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan.
    Saran saya, anda bisa down load proposal training saya telah saya lampirkan di blog ini. Lalu anda bisa mengusulkannya ke pemda atau dinas di daerah atau kabupaten anda.
    Adanya bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah akan memudahkan dan mempercepat proses terbentuknya sebuah sentra industri kerajinan.
    Atau kalau ada kesempatan, silahkan main ke tempat kami, sehingga anda bisa melihat prosesnya secara langsung.
    Terima kasih telah mau berbagi dengan kami, semoga kita bisa terus berbagi untuk mencapai sebuah kesuksesan.

  6. says

    Ardhy,
    Di beberapa tulisan saya, walaupun belum banyak, saya telah menulis tentang bagaimana mencapai sukses. Secara bertahap, walaupun belum secara reguler, saya akan mencoba untuk terus membuat tulisan yang bisa bermanfaat untuk kita semua.
    Salah satu media yang aktif saya gunakan lewat http://www.alibaba.com, di sana kita akan banyak ketemu dengan pembeli dari negara lain, dan menawarkan produk yang kita milliki.

  7. edi suyipno says

    sebelumnya saya berterimakasih,karena dirubrik ini saya bisa menanyakan keluhan saya,yang ingin saya tanyakan gimana sih caranya menghaluskan batok kelapa agar terlihat rata,karena saya sudah berusaha amplas secara manual atapi masih tetap ga rapi dan ga rata,dan gimana caranya agar terlihat mengkilap.terimakasih

  8. says

    Untuk mas Edi, pertanyaannya agak kurang jelas, tetapi coba mau saya jelaskan.
    Kalau amplas biar halus, kalau pakai manual memang relatif sulit dan agak lama.
    Biar lebih mudah pakai gerinda tangan, seperti alat untuk memotong keramik, terus taruh amplas dengan memanfaatkan gerinda tangan tersebut. Lebih mudah dan praktis.
    Sebenarnya batok kelapa kalau sudah dihaluskan permukaannya akan tampak mengkilat. Ttp kalau masih kurang, bisa di finishing, pakai melamin atau pakai finishing lainnya.
    Ok. Itu dulu ya

  9. says

    Untuk ARdi,
    bisa saja kita kerjasama untuk mencarikan market dari produk bapak. Tetapi tentu perlu kami pelajari dulu qualitas produk dan harga dari Ardi.

  10. ahmad surury says

    saya dari Sulawesi, pak faozi apa pelatihan Batok Kelapa yang bapak adakan bisa dilakukan di Kota Kami, tentang syarat-2 kami pengin ketahui.
    Berapa trainer yang akan dikirim dan bagimana model pembayarannya dan jumlah peserta yang direkrut apakah sebanyak kelompok yang tertulis di penjelasan bapak

  11. says

    PAk Ahmad Sururi,
    penjelasannya seperti yang ada di proposal training yang kami sediakan.
    Untuk detail teknis, nanti saya kirim via email.

    Terimakasih

  12. Dadang Irmawan says

    Dh ,
    Saya tertarik untuk mengikuti pelatihan kerajinan batok kelapa , namun sebelumnya beberapa hal ingin saya tanyakan :
    1.Apakah biaya pelatihan yg Rp.45 jt itu untuk 30 orang atau biaya perorang ?
    2. Apakah bisa mengikuti pelatihan secara individu ( Saya sendiri ), berapa biayanya ?
    3. Kalau peserta dari luar kota , apakah tersedia penginapan

    Terima kasih ,
    Wassalam
    Dadang Irmawan / Subang – Jabar

  13. Tomy Armansyah says

    Assalamualaikum Wr, Wb, Salam Sejahtera.
    Pada tgl 15 Feb 09 lalu saya ke TMII. Disana saya tertarik melihat tas wanita terbuat dari batok kelapa ukuran sekitar 20cm x 10cm. Karena bentuknya yang unik & di daerah saya (Aceh) tidak ditemukan tas spt itu, saya langsung membelinya dengan harga Rp 55.000,-.Saya jadi tertarik karena batok kelapa yang dipakai utk membuat tas tersebut tidak lebih dari Rp 1.000,- jika kita membelinya.
    Saya ingin mencoba utk membuat kerajinan batok kelapa tapi saya terkendala mendapatkan alat-alat seperti mesin pemotong batok kelapa. Saya mohon bapak MMFaozi dapat memberikan informasi alat – alat yang berhubungan dengan kerajinan batok kelapa, dimana membelinya dan berapa harganya.Untuk sementara ini dulu yang saya sampaikan. Salam kenal dari Aceh

  14. nining says

    Salam kenal pak Faozi
    Saya tinggal di NTT, sangat2 tertarik dan bangga dengan hasil karya Bapak, saya juga tertarik untuk pelajari kerajinan ini..apa bapak juga terima pelatihan untuk 1 orang, biayanya berapa dan berapa lama pelatihan. Saya tunggu infonya.
    Makasih !

  15. says

    Bisa saja pelatihan untuk 1 orang, tetapi agak memaksa. Batas minimal biasanya 2 orang, sehingga biaya trainingnya bisa lebih ringan. OK, rinciannya aku kirim ke email.

  16. says

    Info untuk sahabat-sahabat yang tertarik dengan training kerajinan. Ini penjelasan dari kami (Tim Piramida Pangestu Consulting) :
    1. Keterangan yang ada diproposal adalah apabila Tim kami dikontrak untuk melaksanakan training di daerah tertentu. Misalnya beberapa PEMDA yang pernah menggunakan jasa kami, atau lembaga lain (BUMN/LSM). Paket itu, maksimal bisa diikuti oleh 30 peserta, minimal terserah dari pihak penyelenggara.

    2. Sedangkan untuk training ditempat kami

    Tempat : Workshop Pangestu Craft & Furniture.
    Waktu : 9 hari (Efektif)
    Jumlah Peserta : minimal 2 peserta, maksimal 20 peserta
    Biaya :
    Untuk 2 peserta : per peserta Rp 2.800.000,- atau total Rp 5.600.000,-
    Untuk 20 peserta : per peserta Rp 1.800.000,- atau total Rp 36.000.000,-

    Fasilitas yang didapatkan oleh peserta :
    1. Konsumsi.
    2. Penginapan
    3. Bahan-bahan training
    4. Produk hasil training akan menjadi milik peserta.
    5. Sertifikat
    6. Study banding ke sentra industri kerajinan.

    Demikian penjelasan dari Tim Piramida Pangestu Consulting.

    Terimakasih

  17. andi says

    wahhhhhhhhhhhhhhhh koyok persis wong ko kudus kie…
    saking tindak pundi masss…? kok mbeto tas…..?? kulo titip mang gawakke tas kulo nggih…. nopo njenengan sak niki nyambi motret to masss…??? wah kemajuan koyok jik mahasiwa nich.

  18. says

    Salam kenal mas faozi
    kerajinan kelapa produk nya untiq dan sangat kreatif,desain nya bagus dan sering kali menjadi inspirasi saya dalm mengembang kan design kerajinan tembaga saya.
    salam mansur

  19. Aan Alamsyah says

    Assalamu’alaikum

    Pak Fauzi saya dari Kota Banjar yang kebetulan didaerah kami berlimpah tempurung kelapa. kami berencana akan mengembangkan kegiatan untuk Karang Taruna yaitu pembuatan kancing baju dari tempurung kelapa.Bagaimana caranya kami untuk bisa mengadakan pelatihan?
    Wassalamu’alaikum

  20. dwi waluyo says

    begini mas saya memang dari dulu punya ide untuk membuat kerajinan seperti dari batok kelapa, dari akar pohon. tapi saya ada kendala yaitu masalah model dari produk itu sendiri dan masalah pemasaran. karena kalu masalah bahan baku sih disini lumayan tapi masalahnya itu tadi masalah munungkin bisa dibilang kurang pelatihan. jadi tolong kalau bisa saya dibantu…

    sebelumnya terima kasih…….

    tolong dibalas di FB atau Email
    di ty_register@yahoo.com

  21. donny says

    saya mau tanya pak, lem yang digunakan untuk menempelkan batok kelapa pada bahan multi plex, semen yang cocok apa ya???
    thanks
    salam sukses

  22. muhan says

    sebenerny bnyk yg mnat ma krajinan ni tp yg jd kndala biasa nya mslah pmsaran mngkin da solusi mas?????

  23. dhe rachman.s says

    salam kenal….
    saya tertarik dan ingin mengetahui cara pabrikasi furniture yg menggunakan batok kelapa,bisa tolong dibantu.tx

  24. ade rachman says

    salam kenal….
    saya tertarik untuk mengetahui cara pabrikasi furniture dari batok kelapa,bisa tolong dibantu…tx

  25. sitti rahma yunus says

    pak, saya sangat tertarik mengembangkan kerjinan tempurung ini. sy sdh mencob membuatx di workshop kamps tpi kendala trakhir hasilx kurang hlus untuk bagian yang melengkung. sy tdk tahu alat apa yng digunakan untk mnghluskn bgian yg lengkung dn lekukan yang tipisnya.kira2 nama alatnya apa pak?

  26. ahmad shodiq says

    assalamu’alaikum pak fauzi apa kabar

    mohon informasi alamat dan no. telp. pembuatan tali pelepah pisang, matur nuwun (021) 93794808

  27. Dewi Pugersari says

    Saya sangattertarik sekali dengan kerajinan batok kelapa ini dan sedang melakukan penelitian desain produk-produk yang dapat dihasilkan dari limbah batok kelapa, dapatkah saya meminta informasi lebih lanjut mengenai kerajinan batok kelapa ini, dan dapatkah saya berkunjung ke workshop bapak?, mohon informasinya, terima kasih.

  28. Eka Setia Rizkiana says

    Saya sangat tertarik dengan kerajinan yang anda buat dan sy ingin memperdalam pengetahuan kerajinan dari batok apa langkah selanjutnya ??? trims Eka Bogor

  29. Eka Setia Rizkiana says

    mhn bimbingannya untuk memperdalam ilmu tentang kerajinan dari batok langkah berikutnya harus bagaimana trims eka Bogor
    Jawa-Barat

  30. Anne says

    Saya punya rencana untuk menyelenggarakan pelatihan kerajinan dari batok kelapa. Namun pelaksanaannya di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berapa biaya yang harus kami siapkan dan kebutuhan lain apa yang diperlukan. Tolong ya Mas, bisa diemail untuk kami tindak-lanjuti jika itu sesuai kemampuan kami. Kami sangat membutuhkan keterampilan ini utk meningkatkan pendapatan masyarakat.

    Ditunggu ya Mas. Salam sukses dan salut atas semua yang sudah dilakukan bagi kebaikan orang banyak.

    Terimakasih, Anne – Kupang NTT.

  31. herry fernando says

    Mas Faozi…saya kesulitan mencari mesin potong yang tepat untuk batok kelapa.Outputnya : chip batok kelapa uk.3×3cm.
    sumber : 1/2 batok kelapa utuh akan dipotong-potong menjadi uk. di atas.Cara kerja mesin :mampu memotong mulai dari awal proses ( 1/2 batok ) menjadi chip ( tanpa membuat pola pada batok ).spec mesin : semi otomatis atau full otomatis.
    Kira-kira mas bisa bantu info untuk saya?tx berat y

  32. Cecep Supriyadi says

    Saya sama sekali belum ada pengalaman di kerajinan batok kelapa.
    Alat yang biasa dipakai dalam pembuatan kerajinan dari batok kelapa apa saja?
    Membaca dari komentar-komentar di atas, sangat bagus jika training ini diusulkan ke Pemda.
    Terima kasih mas Faozi.

  33. danes says

    saya punya bahan baku batok bermacacam.macam ukuran siap pakai bagai mana cara saya menjual .dan di mana tempat jual nya

  34. ardian says

    Salam sukses,pak faozi…yang saya ingin tanyakan tentang rincian biaya pelatihan khusus untuk kerajinan tempurung kelapa itu berapa?? minimal peserta berapa orang? dan apakah bisa diadakan di luar kota?
    terimakasih atas infonya pak

    ardiansyah_eriek@yahoo.com

  35. asrizal says

    bos bisa beli gak batok kelapa yang sudah di potong-potong sistem gimana

    harap hubungi saya… pd 081275854298 an. asrizal

    thank q b4

  36. masfrans says

    pak faozi salam kenal p,saya frans tertarik pemanfaatan limbah tempurung kelapa tolong email jadwal training u bulan januari 2011 beserta biaya u satu orang atau sms saya di 081283987133 salam sukses

  37. Iqbal says

    saya punya bahan baku batok kelapa yang sangat banyak untuk diolah menjadi kerajinan atau sebagainya…

    bagi yang berminat silahkan hubungi email saya atau telpon ke no saya (085824111150).

    bagi peminat serius ada harga khusus yang tentunya relatif murah..

  38. Iqbal says

    bagi pak fauzi atau rekanan yang lain yang ingin memesan bahan baku batok kelapa hubungi no ini (085824111150)…

    batok kelapa ini asli dari selayar dengan kwalitas terbaik …

    sekian terima kasih.

  39. alka nurkid yunmusisa says

    pak,saya ada tugas kampus USM semarang. mmbuat proposal ttg kewirausahaan. saya ingin mengangkat usaha ttg batok klpa jdi tas ini.. dan tugasny akan diserahkn pda usahawan smg untuk di nilai, saya mnt tlog kirim lwt email alkayunmusisa@yahoo.co.id ttg usaha bpk,,, terimakasih

  40. niusandy says

    saya sangat suka sekali kerajinan dan produk bapa cukup unik dan bernilai jual tinggi
    bisakah kita bermitra dan saya bantu bpk pemasaran dan saya juga punya banyak ide
    yang kita bersama bisa realisasikan

    tetaplah berkaraya dan salam sukses

    terima kasih

    niusandyusuf

  41. ibai says

    salam kenal pak fauzi
    saya sangat senang dengan segala jenis seni, dan saya ingin menguasai arti nya punya keterampilan di seni dan saya berminat dengan seni batok kelapa karya pak fauzi.
    gimana cara nya mendapat kan pelatihan dari pak eauzi..?
    terima kasih.

  42. says

    ,slamat siang semuanya,saya dari pengrajin kancing batok,mau sharing kpda tman” ,trutama pak fauzi,,saya sudh 2 th menggeluti kancing batok kelapa,,slama ini saya hanya bisa menjual ke daerah wilayah solo aja,saya mau menawrkn kerajinan saya kancing batok,gasper dll ke luar kota,kalo bisa ke mancanegara..mohon bantuannya,trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *